Minggu, 10 Oktober 2010

Ringkasan Materi PKR

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

Modul I Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
KB 1.Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
KB 2 Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan

Modul II Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap
KB 1 Prinsip dan Model Pengelolaan PKR
KB 2 Prinsip Didaktik-Metodik dan Prosedur Dasar PKR
KB 3 Aneka Model Interaksi Kelas Rangkap dalam PKR

Modul III Pengorganisasian Kelas
KB 1 Penataan Ruang Kelas
KB 2 Pengorganisasian Murid
KB 3 Disiplin Kelas

Modul IV Lingkungan sebagai Sumber Belajar
KB 1 Sekolah dan Sejawat Guru Sebagai Sumber
KB 2 Sekolah dan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
KB 3 Lingkungan sebagai Sumber Belajar

Modul V Penyusunan Rencana Pembelajaran Kelas Rangkap (RPKR)
KB 1 Analisis Struktur Kurikulum SD dan Prosedur Dasar Pengembangan Pembelajaran Kelas Rangkap
KB 2 Perumusan Indikator, Penataan Pengalaman Belajar, dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap.
KB 3 Evaluasi Program Pembelajaran Kelas Rangkap

Modul 6 Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan dalam Pembelajaran Kelas rangkap (PKR)
KB 1 Hakikat Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
KB 2 Komponen Keterampilan Mengajar Kelompok kecil dan Perseorangan
KB 3 Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan dalam Pembelajaran Kelas Rangkap

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Modul I : Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
KB 1.  Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
A.  Apakah yang Dimaksud dengan Pembelajaran Kelas Rangkap(PKR) ?
B.  Mengapa PKR diperlukan?
1.         Alasan Geografis
2.         Alasan Demografis
3.         Kurang Guru
4.         Terbatasnya Ruang Kelas
5.         Adanya Guru yang Tidak Hadir
6.         Alasan lainnnya
C.  Apa Tujuan Fungsi dan Manfaat PKR?
1.         Quantity dan Equity
2.         Ekonomis
3.         Pedagogis
4.         Keamanan
D.  Prinsip Apakah Yang Mendasari PKR?
1.         Keserempakan Kegiatan Pembelajaran
2.         Kadar Tinggi Waktu Keaktifan Akademik (WKA)
3.         Kontak Psikologis Guru dan Murid yang Berkelanjutan
4.         Dalam PKR, Terjadi Pemanfaatan Sumber Secara Efisien

KB 2 Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan
A.  Bagaimanakah Praktik Mengajar Kelas Rangkap Saat Ini?
Praktik mengajar PKR saat ini masih banyak yang menyimpang:
1.      Dilaksanakan secara bergilir
2.      Pemanfaatan sumber belum maksimal
3.      Supervisi guru terhadap belajar murid masih kurang
B.  Gambaran PKR Yang Ideal (Yang Diinginkan)
1.      Menerapkan prinsip-prinsip PKR sehingga belajar menjadi menyenangkan dan menantang, guru menjadi kreatif memanfaatkan sumber belajar, murid aktif, iklim kelas ceria, menyenangkan sehingga muncul persaingan sehat antar murid.
2.      Guru PKR adalah seorang administrator, perancang kurikulum, pembawa pembaruan, penasehat, profesional dan kreatif.

Modul II Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap
KB 1 Prinsip dan Model Pengelolaan PKR
Ciri Utama PKR:
1.        Seorang guru
2.        Dua kelas atau lebih
3.        Satu kelas dengan dua atau beberapa kelompok siswa yang berbeda kemampuan.
4.        Membimbing belajar dalam satu mata pelajaran atau lebih.
5.        Beberapa topik yang berbeda dalam satu mata pelajaran.
6.        Dalam satu atau lebih dari satu ruangan.
7.        Pada jam pelajaran yang bersamaan.
Model Utama : PKR Murni : PKR 221
2 kelas, 2 mata pelajaran, 1 ruangan
Model Alternatif : PKR Modifikasi : PKR  222
2 kelas, 2 mata pelajaran, 2 ruangan
Model PKR 333
3 kelas, 3 mata pelajaran, 3 ruangan

KB 2 Prinsip Didaktik-Metodik dan Prosedur Dasar PKR
1.    Bagaimana Mengawali dan Mengakhiri Pelajaran
a.    Mengawali pelajaran
1)        Menarik perhatian siswa
·            Memperlihatkan benda, alat, dan gambar yang berhubungan dengan materi
·            Memberikan aba-aba perhatian dan ucapan salam pembuka
·            Membunyikan sesuatu, misalnya peluit
2)        Menimbulkan motivasi (ekstrinsik/instrumental dan intrinksik)
·            Kehangatan dan semangat (warmth and enthuasiasm)
·            Rasa penasaran / ingin tahu siswa (curiosity)
·            Ide yang bertentangan (conflicting/ controversial ideas)
·            Minat siswa
3)        Memberikan acuan belajar
·            Tujuan dan batas-batas tugas
·            Langkah-langkah yang akan ditempuh
·            Masalah pokok sebagai pusat perhatian
·            Pertanyaan pemicu belajar
4)        Membuat kaitan atau jalinan konseptual
·            Penyampaian pertanyaan apersepsi
·           Perangkuman materi pelajaran yang lalu dengan maksud memetakan yang telah dipelajari siswa
b.   Mengakhiri Pelajaran
1).   Meninjau Kembali
2).   Mengadakan evaluasi penguasaan siswa
·            Mendemonstrasikan keterampilan siswa
·            Menerapkan ide baru pada situasi lain
·            Mengemukakan pendapat sendiri
·            Mengerjakan soal-soal tertulis
3).   Memberikan tindak lanjut.
·            Memberi pekerjaan rumah
·            Merancang sesuatu
·            Mengomunikasikan sesuatu

2.    Bagaimana Mendorong Belajar Aktif dan Membiasakan Belajar Mandiri
Alasan :
·           Individu yang berinisiatif dalam belajar dapat belajar lebih baik dari pada yang tergantung pada guru.
·           Lebih sesuai dengan perkembangan mental individu
·           Perkembangan baru dalam berbagai aspek pendidikan menempatkan siswa sebagai pembelajar yang aktif.
a.    Membimbing diskusi kelompok kecil
b.    Mengajar kelompok kecil dan perorangan
c.    Mengadakan variasi

3.    Bagaimana Mengelola Kelas PKR dengan Baik
a.    Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal
b.    Mengendalikan kondisi belajar yang optimal dan mengatasi perilaku siswa yang menyimpang.

KB 3 Aneka Model Interaksi Kelas Rangkap dalam PKR
1.    Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS)
2.    Proses Belajar Melalui Kerja Sama (PBMKS)
3.    Bagaimana Memelihara Suasana Belajar

Modul III Pengorganisasian Kelas
KB 1 Penataan Ruang Kelas
A.      Penataan Ruang
1.    Penataan Fisik Kelas
a.         Daerah Pajangan
b.         Kemudahan Bergerak
c.         Sinar
d.        Panas dan ventilasi
e.         Papan Tulis
f.          Bangku dan kursi
g.         Meja Guru
h.         Sudut aktivitas
2.    Pengaturan Denah Ruang Kelas
KB 2 Pengorganisasian Murid
A.      Kelompok Belajar
1.      Bagaimana Cara Membentuk Kelompok Belajar ?
a.         Kelompok Belajar Berdasarkan Persamaan Kemampuan
b.         Kelompok Belajar Berdasarkan Kemampuan yang Berbeda
c.         Pengelompokan Sosial
2.      Bagaimana Merencanakan Kelompok Belajar?
a.         Menentukan Bagaimana Cara Murid Bekerja Sama
b.         Menentukan Program Pelatihan bagi Pengembangan Keterampilan Bekerja Sama
c.         Memberikan tugas yang dapat dihasilkan oleh kelompok
·      Mempunyai lebih dari satu jawaban
·      Menarik dan menantang untuk dikerjakan bersama
·      Memungkinkan masing-masing murid dapat memberikan sumbangan pendapat yang berbeda
·      Memungkinkan menggunakan ragam media
·      Memerlukan, pengamatan pembahasan dan keterampilan motorik
·      Memerlukan keanekaragaman keterampilan dan perilaku
·      Memerlukan kegiatan mengamati, mencobakan dan melaporkan
d.        Meletakkan dasar-dasar kerja secara teliti
e.         Memutuskan bagaimana belajar bersama akan dievaluasi
3.      Bagaimana Cara Meningkatkan Keterampilan Belajar Kelompok?

B.  Bagaimana memaksimalkan pemanfaatan sumber Belajar yang Ada Agar Para Murid Dapat Belajar Mandiri?
1.      Bagaimana Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar?
2.      Tutor Sebagai Organisator Kelas
3.      Bagaimana Cara Memilih dan mempersiapkan Tutor?
  a. a.  Tutor Sebaya
b. Tutor Kakak
c. Tutor dari Masyarakat
d. Penjaga Sekolah sebagai Tutor
KB 3 Disiplin Kelas
A.  Apa yang dimaksud Aturan Rutin Kelas?
1.      ARK Bagaimana yang Harus Anda Persiapkan Bagi Anda Sendiri?
2.      Apa yang dimaksud dengan “Kegiatan Siap” atau Stand by Activities?

Modul IV Lingkungan sebagai Sumber Belajar
KB 1 Sekolah dan Sejawat Guru Sebagai Sumber
A.    Kerja Sama
B.     Membangun Iklim Kerja Sama
1.      Mengumpulkan Data Statistik dan Sumber Informasi
2.      Melakukan Negosiasi (Perundingan)
3.      Memberikan Peran Nyata
4.      Melaporkan Keadaan Sekolah
5.      Memberikan Tanda Penghargaan
C.     Melakukan Kerja Sama dengan Sekolah dan Rekan Sejawat Guru
1.      Cara Memanfaatkan Rekan Sejawat Guru dari Satu Sekolah sebagai Sumber Belajar
2.      Memilih Alternatif yang Paling Tepat dengan Mempertimbangkan Kebutuhan, Waktu, Jadwal, dan Bahan yang Tersedia
3.      Cara Memanfaatkan Rekan Sejawat Guru dari Sekolah Lain
4.      Cara Memanfaatkan teman Guru dalam KKG
KB 2 Sekolah dan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
A.    Menciptakan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
B.     Melengkapi Sekolah dengan Sumber Belajar
C.     Cara Mengembangkan Program Kebun, Kolam dan Peternakan Sekolah
D.    Mengembangkan Pusat Sumber Belajar (PSB)
KB 3 Lingkungan sebagai Sumber Belajar
A.    Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar
B.     Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar
1.    Cara Mengidentifikasi Lingkungan sebagai Sumber Belajar
2.    Memanfaatkan Sumber tersebut untuk Kepentingan Belajar Murid-murid
3.    Masyarakat sebagai sumber Belajar

Modul V Penyusunan Rencana Pembelajaran Kelas Rangkap (RPKR)
KB 1 Analisis Struktur Kurikulum SD dan Prosedur Dasar Pengembangan Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
1.      Kelompok Mata Pelajaran
a.       Agama dan akhlak Mulia
b.      Kewarganegaraan dan kepribadian
c.       Ilmu pengetahuan dan teknologi
d.      Estetika
e.       Jasmani, olah raga dan kesehatan
2.      Prinsip Pengembangan Kurikulum
3.      Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
4.      Struktur Kurikulum SD/MI
B.       Prosedur Dasar Pengembangan Kerangka Rencana Pembelajaran
KB 2 Perumusan Indikator, Penataan Pengalaman Belajar, dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap.
A.    Pengemasan Pengalaman Belajar dalam Rangka PKR
B.     Cara Memilih Substansi Belajar
C.     Cara Menyususun Rancangan Kegiatan Belajar
D.    Cara Memilih Sumber dan Media Belajar
KB 3 Evaluasi Program Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Cara Penilaian Terhadap Pelaksanaan PKR
B.     Bagaimana Memanfaatkan Hasil Penilaian Proses Belajar Murid dalam Memperbaiki PKR
Petunjuk Pelaksanaan Praktik Mata Kuliah PKR
A.      Penyusunan Rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap
1.         Menetapkan Model PKR
2.         Menyusun Rancangan PKR untuk Kegiatan Praktik dan Simulasi
B.       Pelaksanaan Praktek dan Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap
C.       Alat Penilaian Pelaksanaan Praktek dan Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap
1.         Lembar Refleksi Pelaksanaan Praktek Pembelajaran Kelas Rangkap
2.         Alat Penilaian Kemampuan Merancang Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)

Modul 6 Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan dalam Pembelajaran Kelas rangkap (PKR)
KB 1   Hakikat Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
A.    Pengertian
B.     Rasional
C.     Variasi Pengorganisasian
D.    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
KB 2 Komponen Keterampilan Mengajar Kelompok kecil dan Perseorangan
A.    Keterampilan Mengadakan Pendekatan Secara Pribadi
B.     Keterampilan Mengorganisasi Kegiatan
C.     Keterampilan Membimbing dan Memudahkan Belajar
D.    Keterampilan Merencanakan dan Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran
KB 3 Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan dalam Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Contoh Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
B.     Mengidentifikasikan Kemunculan Komponen-komponen Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
C.     Analisis Kekuatan dan kelemahan Contoh PKR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar